Selasa, 24 Mei 2011

Mimpi Menjadi Seorang Penyiar Radio

Tahun 2003 tepat aku berada dikelas 1b di Madrasah Tsanawiah Negeri 1 tanjung aku dan teman teman ku senang berbagi bagi salam lewat salah satu radio yang terkenal di Kota tanjung yaitu SERA FM. Dan waktu itu ada salah satu kaka tingkat yang menjual atensi *Atensi adalah lembaran kertas yang diisi untuk kirim kirim salam serta request lagu*. sungguh menyenangkan sekali rasanya saat itu apabila atensi yang kita kirim keradio itu dibaca kan oleh penyiarnya.  waktu itu harga atensi yang dijual seharga Rp. 500,-.
Jam 2 siang aku pulang sekolah dan Setiap pulang sekolah aku selalu membuka Radio saking tidak sabar dan takutnya atensi yang ku kirim dibacakan tapi aku-nya malah tidak mendengar . setiap jam 4 sore Atensi Atensi yang dikirim akan dibacakan oleh penyiar (lupa nama penyiar nya yang pasti penyiar yang terkenal saat itu cowok dengan suara serak serak basah ..)
Aku selalu kirim kirim salam buat teman teman sekelasku dan selalu yang spesialnya buat seseorang yang saat itu masih satu kelas denganku dan aku memendam perasaan padanya dan selalu aku request lagu Marcell dengan judul Firasat untuk yang special dihatiku.
***
Ingat masa masa itu aku jadi malu dan tertawa sendiri melihat tingkah bodohku  dan aku sempat terpikir ingin masuk jadi seorang penyiar tapi aku tidak tau bagaimana caranya dan juga aku dulu adalah anak rumahan yang selalu dilarang orangtua kalau tidak jelas mau kemana
Naik kekelas 2 dan 3 sudah jarang sekali rasanya aku beli Atensi karena yang heboh saat itu yaitu nelpon keradionya langsung dan akupun biasanya kalau ada pulsa dan bisa juga pakai telpon rumah nelpon keradio tersebut dan paginya kalau sudah ketemu teman-teman langsung ngumpul ngerumpi masalah radio. Aduuuh tak terbayangkan ramenya saat itu jadi kangen dengan teman teman ku Nining Nadya Rukamana Sari, Rina Rupida dan Nur Hadiyah Rahmi.
Salah satu temanku Nining Nadya Rukamana Sari sering baca puisi dan memang aku acungi jempol dengannya yang begitu hebat baca puisi yang karya nya sendiri 
Dan temanku Rahmi kebetulan rumahnya dekat sekali dengan Radio Sera Fm, dia yang sering bercerita tentang anggota anggota radio yang beken istilahnya saat itu hehehhehehee..
***
Pernah suatu hari aku dan teman teman nekat merencanakan pergi keradio untuk mengetahui bagaimana isi radio tersebut dan kami akhirnya merencanakan sore jam 4 dengan alasan ada tugas pelajaran Bahasa Indonesia belajar me-wawancara dan akhirnya berhasillah kami, disitu ruangannya cukup luas ada kamar untuk penyiar yang tugas tengah malam dan pagi bisa tidur disitu, ada juga ruangan khusus siaran pokoknya saat itu kami puas dengan hasil wawancara itu terkesan seperti beneran padahal itu rekayasa kami supaya dapat masuk hehehehehe 
***
Setalah tamat MTsN 1 Tanjung sudah jarang aku nelpon karena sudah tidak seheboh dulu lagi tapi aku masih tetap setia menjadi pendengar. Dan aku semakin ingin menjadi penyiar.
Saat aku duduk kelas 1 Madrasah Aliah Negeri 1 Tanjung aku berniat ingin masuk jadi penyiar dan salah satu kaka tingkatku yang bernama Rita Yuliana bilang yang kebetulan saat itu menjadi penyiar di Sera Fm memberi kabar bahwa Sera lagi mencari penyiar dan aku pun senang sekali tapi apa boleh buat salah satu syaratnya harus berumur 20th, sedangkan aku berumur 16th pupuslah sudah harapanku tapi saat itu aku masih setia saja jadi pendengar.
Aku sering meniru gaya siaran salah satu penyiar yang kukagumi gayanya dan suaranya bahkan aku sering mempraktekkannya dikamarku sendirian seperti orang gila dihadapan cermin ahahhaahaa  *bila ingat itu aku selalu bersyukur ternyata Allah mendengar d0’aku…
***
Tahun 2008 aku masuk kuliah. Aku kuliah dengan jalan kaki karena tidak diperbolehkan orang tuaku memakai kendaraan diBanjarmasin alasanya takut kalau aku ada apa apa.
Tepat awal tahun 2010 aku mengadu dengan Papa agar diperbolehkan membawa kendaraan dengan alasan jalan tembusan menuju kuliah ditutup dan hal itu bukan sekedar alasan karena memang benar.
Ternyata Papa dan Mama setuju dan akhirnya aku memiliki kendaraan diBanjarmasin.
Dan aku mulai menerima tawaran menjadi Guru Private oleh sahabatku Natalia Widhi Tri Putri sari di Jl. Pramuka Komplek Subur Indah Banjarmasin, disalah satu keluarga Cina.
Setiap menuju jalan kerumah Cina itu Beberapa bulan lamanya ada satu hal yang menarik perhatianku. Dipinggir kanan jalan dari arah hilir Ada banyak antena dan ku baca Papan Nama yang berdiri tegak dimukanya Radio Mustika Fm.
Aku sering mendengarkan radio radio yang ada diBanjarmasin salah satunya Mustika Fm dan aku berpikir “Oohh… disini to tempatnya” ucapku dalam hati sambil tersenyum 
Apa yang kupikirkan setalah aku tau disitu tempatnya, aku berpikir kalau memang aku mau jadi penyiar kenapa tidak dicoba dari sini. Dan akupun bertekad mencobanya.
Jam 6 sore Setelah pulang dari rumah cina itu aku mampir kerumah sekaligus kantor radio Mustika Fm aku diterima dengan baik oleh lelaki tua, kuberanikanlah diri ku untuk memulai saat itu tepat berada di awal bulan Oktober
“ permisi Om, ..” kataku.
lalu dijawab oleh lelaki tua yang tidak ku ketahui namanya “ oh.. ya silahkan masuk mari duduk ada perlu apa??” tanyanya kepadaku dengan ramah.
Lalu ku jawab “ Maaf Om mengganggu saya Ages mahasiswa dari Unlam saya Cuma mau Tanya kalau mau jadi Penyiar disini, bagaimana caranya ya Om??”
“Oh kalau mau silakan antar lamarannya kesini.. lamarannya sama seperti melamar kerja tapi tidak perlu ….blablabla “ jawab Om dengan panjang lebar.
“Begitu ya Om, makasih ya Om itu saja yang saya tanyakan permisi Om..”
“ya sama sama “
Dan setelah itu aku Pernah juga saat itu waktu salah satu temanku Anisa mengajakku ikut jalan santai dan aku mau kebetulan juga mendaftarkan ke radio SKY Fm akupun sempat bertanya cara menjadi penyiar dan jawabannya sama.
Aku pun pulang dengan hati gembira dan malam itu langsung membuat 2 surat lamaran penyiar radio untuk 2 radio sekaligus yang ada di Banjarmasin karena kalau Cuma satu kecil kemungkinan bisa diterima dalam hati aku berdo’a :
“ya allah aku pasrahkan semua padaMu aku akan selalu berprasangka baik dengan ketentuanMu meski nanti tidak ada satupun yang menerima ku aku melakukan ini dengan niat keranaMu ya rabb… hamba mohon beri hamba kesempatan karena memang ini yang hamba dambakan daridulu kau tahu segalanya, apa yang ku mau terucap ataupun tidak yang ku tahu Kau MAHA TAHU, amiin”
***
Siang hari tepat jam 1 siang dengan terik matahari yang menyala aku nekatkan mengantar 2 lamaran itu ketempatnya masing masing. Temanku Hiliyati sempat bertanya kebetulan dia mau ikut aku mengantar.
Dia bilang “ kalau aku kada umpat berarti kam seorangan ae lah meantar lamarannya, hakunnya pang ges siang siang panas keini ” ujar Hiliyati dalam bahasa banjar yang artinya “ kalau aku tidak ikut berarti kamu sendirian nih ngantar lamarannya, kok mau siang siang begini panas lagi “ katanya.
Lalu ku jawab “rezeki kita kadada yang tahu, siapa tahu sore aku ada apa apa dan akhirnya aku melambat lambatkan me-antarnya dan siapa tahu semangatku me-antar kadada lagi sore kaina hingga akhirnya kada jadi, jadi sebelum semangat ku bekurang panas kah hujankah aku tetap melaluinya karena dengan itu bisa disebut pengorbanan “ ujarku dalam bahasa banjar yang artinya “ rezeki kita mana tahu, siapa tau sore nanti aku ada apa apa akhirnya akumelambat lambatkan mengantar dan siapa tau semangatku tiba tiba mengendor hingga akhirnya membuatku berubah pikiran dan memutuskan tidak jadi mengantarnya, jadi sebelum semangatku mengendor hujan atau panas akan ku lalui karena dengan ini bisa disebut pengorbanan”
Hiliyati Cuma menjawab “ aku salut dengan mu ges !!!”
Aku hanya tersenyum... 
***
Berhari hari setalah aku mengantar tidak ada jua pangilan
Minggu demi minggu juga berlalu sampai akhirnya aku melupakan nya,
Tepat pada hari Sabtu 26 November 2010 jam setengah 6 pagi aku sudah sibuk mempersiapkan Seminar Nasional yang diadakan oleh matematika ( Gebyar matematika ). Aku sibuk menyiapkan segalanya dengan teman teman dan aku diberi tahu oleh Angelina nansarunai menjadi pemalu paduan suara karena yang bertugas lagi sakit mendadak lah aku latihan untung aku punya kemampuan saat aku sekolah dulu memang sering jadi pemalu paduan suara waktu upacara. Dan kali ini aku ditantang untuk memalu paduan suara Seminar Pendidikan Tingkat Nasional.
Sedang asyik latihan tepat pada jam setengah 8 aku menerima telepon dengan nomor baru dan terjadi percakapan
“hallo selamat pagi.. apakah ini dengan saudara Nor Agesna??” Tanya seorang wanita dari dalam telepon.
Aku gugup dan akupun menjawab
“ iya selamat pagi.. iya betul saya sendiri, ada apa ya bu??”
“Selamat anda terpilih jadi Penyiar di Radio kami Mustika Fm”
“HaaaH yang benar bu????serius…. “
“iya, tolong kehadirannya senin jam 11 siang untuk mengikuti beberapa tes..”
“iya bu… jam 11 hari senin kan?
“iya..kalau bisa jangan terlambat..”
‘iya bu… makasih”
Aku langsung bersorak gembira hingga Angel dan Natali bingung dan teman teman yang lain pun bingung, setelah ku beri tahu mereka mengucapkan selamat padaku.. tak ada yang bisa merasakan betapa senangnya aku, tak henti hentinya aku bersyukur dengan adanya telepon pagi ini, aku urungkan niat memberi tahu orang tua ku karena aku tahu orangtuaku pasti tidak suka. Aku tidak peduli itu selama tidak menggangu kuliahku dan tidak membahayakan diriku sendiri aku yakin orangtuaku no problem.
Senin tangal 28 november aku mengikuti beberapa tes dan wawancara dan akhirnya aku training selama 1 bulan dan hari hariku sangat menyenangkan.
Dan akhirnya aku menjadi penyiar tetap sampai sekarang aku bahagia dan sangat mensyukuri nikmat ini.
mungkin bagi orang mudah saja masuk jadi penyiar bagi ku tidak aku menjalani nya sendiri saat aku gugup saat aku bicara saat aku berekspresi orang orang mendengarku…
aku menjalaninya dengan hati hingga semua ini berjalan mudah dan lancar hingga aku mendapat beberapa teman, kritikan, masukan dan pujian dari orang orang yang mengenalku karena suara ku bagus, bawaan ku keren gaya bicaraku pas dan mudah mudahan tidak membuat aku menjadi sombong amiin 
Allah tidak tuli allah maha mendengar, jika kita mau tanamkanlah niat lalu cobalah, tidak ada yang tidak mungkin didunia ini jika Allah menghendaki. Berjuanglah manfaatkan waktumu dengan sebaik baiknya, kesempatan tidak akan datang 2 X. 

Banjarmasin 7 Mei 2011,
Salam hangat dari penulis



Ages

5 komentar:

  1. SELAMAT DAH JD PENYIAR, SEMOGA SUKSES N JNGAN LUPA MAEN2 LG K STUDIO SERA FM TANJUNG YA....

    BalasHapus
  2. Makasiih :)
    anda penyiar radio SERA ya????
    saya adalah salah satu penggemar nya heehehhee
    saya seneng sekali kalau ditawari berkunjung kesana lagi :)
    ini nope saya 085251387275
    siapa tau kita bisa sharing :)
    nanti kapan kapan saya keSERA ya....

    BalasHapus
  3. boleh, kita tunggu d studio sera fm ya....

    BalasHapus
  4. okeee... nanti saya kabarin anda jika mau kesana heee :)
    umur anda berapa????

    BalasHapus
  5. Salam kenal dari saya Suvina hayati, saya mahasiswa unlam. Setelah membaca kisah anda menjadi penyiar radio, saya jd terinspirasi ingin menjadi penyiar radio. Tapi carax bagaimana ya carax agar saya bisa menjadi penyiar seperti anda? Jujur dri dlu salah satu impian saya ingin jd penyiar radio.

    BalasHapus